LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka mewujudkan Smart City, salah satu diantaranya adalah program Gampong melek IT.
Gampong Cot Baroh salah satu Gampong/Desa di Aceh sejak tahun 2013 telah menggagas Gampong IT di Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie.
Gampong Cot Baroh Pidie Raih Juara Satu “Gampong IT Se Aceh
Perwakilan Gampong Cot Baroh, Pidie saat menerima penghargaan sebagai juara satu gampong IT se Aceh.

Program tersebut sangat bermanfaat bagi tata kelola Pemerintahan Gampong, sehingga roda pemerintahan di gampong berjalan dengan lancar, efektif dan transparan.
Sejalan dengan program tersebut Gampong Cot Baroh pernah meraih Destika award 2014 pada festival Desa teknologi informasi dan komunikasi (Destika) yang merupakan salah satu program andalan Kementerian Komunikasi dan informatika Republik Indonesia, di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji, Majelengka, Jawa Barat.
Di tahun 2015 Gampong Cot Baroh kembali mengukir prestasi gemilang yaitu dinobatkan sebagai juara satu Gampong IT se Aceh berdasarkan hasil penilaian Komunitas Aceh Smart City. Penghargaan tersebut diserahan langsung oleh Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung) kepada saudara Muhammad Dahlan Gantoe pada acara Membangun Gampong TIK dengan tema “Aceh Thank To The Wolrd” yang berlangsung di Aula Kampus Politeknik Aceh, Pangoe, Banda Aceh pada Sabtu 26 Desember 2015 kemarin.
Muhammad Dahlan yang selama ini aktif melakukan advokasi gampong melek IT mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga atas kesadaran dan partisipasinya terhadapat Gampong melek IT.
“Untuk itu saya berharap penghargaan yang peroleh di penghujung tahun 2015 mendorong Pemkab Pidie untuk lebih memperhatikan Gampong Cot Baroh,” ujarnya.
Sementara Safwaturrahman sebagai admin website Gampong mengucapkan rasa syukur atas prestasi gemilang ini sekaligus bukti nyata pengakuan luar atas capaian kinerja Gampong Cot Baroh.
Apresiasi terhadap Gampong Cot Baroh juga diberikan oleh Muhammad Syarif, S.HI. MH (Direktur Aceh Research Institute) pada saat diskusi terbatas tentang “Pemanfaatan TIK Gampong” di Borneo Kopi, Banda Aceh pada Sabtu 26 Desember 2015 malam. (Red)

Sumber : www.lintasnasional.com